" INGAT-INGAT JANGAN TELAT!!!!!! " WAKTU KERJA PNS KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SENIN S.D KAMIS PUKUL 07.30 S.D 16.00 JUMAT PUKUL 07.30 S.D 16.30    Susah Update Aplikasi kepegawaian (SIK atau SIJ) silakan hubungi kontak admintrator kementerian yang terdapat pada menu informasi    Silakan akses pada menu informasi Terkait Informasi Bidang kepegawaian yang terbaru.    KORUPSI "NO" PRESTASI KINERJA "YES"    Silahkan cek dan download informasi terbaru terkait Kartu PNS Elektronik (KPE) pada Menu Informasi    Diinformasikan kepada seluruh Administrator Aplikasi Kepegawaian, agar senantiasa melakukan pemutakhiran data pegawai di lingkungan unit kerjanya khususnya data Riwayat Pangkat/Golongan, Jabatan, Pendidikan, Diklat Teknis, Diklat Fungsional dan Diklat Manajerial serta Seminar dan Kursus guna lebih meningkatkan kehandalan Aplikasi Kepegawaian Kementerian Perhubungan    
Home

Biro Kepegawaian dan Organisasi

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia




Berita

 
 

DAMPAK STRES SEORANG PEGAWAI

Kamis, 4-APR-2013 | 12:15:59
20130404121716-test

Sumber Daya Manusia merupakan aspek yang sangat penting bagi Perusahaan/ Kementerian / Lembaga karena Sumber Daya Manusia merupakan penggerak utama perusahaan, maka sudah seharusnya memperhatikan Sumber Daya Manusianya, terutama pada masalah motivasi, kepuasan kerja, keterlibatan kerja /penempatan tenaga kerja dan komitmen organisasi terhadap pegawai. Sehingga pengelolaan sumber daya manusia dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan  

Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi Perusahaan/ Kementerian / Lembaga. Kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya saja, tetapi juga oleh tingkat kedisiplinan mereka. Kedisiplinan seorang karyawan dalam suatu perusahaan dapat dilihat dan diukur dari tingkat kehadiran mereka dalam melakukan suatu pekerjaan, karena tingkat kehadiran adalah salah satu faktor yang menentukan produktifitas perusahaan. 

Dalam hubungannya dengan pekerjaan atau profesi yang ditekuni setiap pegawai memiliki kemampuan berbeda untuk menyangga beban pekerjaannya. Interaksi manusia sebagai pekerja dengan pekerjaan dan lingkungan kerja menyebabkan efek positif ataupun efek negatif. Sikap positif terhadap pekerjaan membuat karyawan menganggap tekanan dari pekerjaan sebagai suatu yang memberikan manfaat baginya sehingga dapat memperlemah terjadinya stres namun sebaliknya bila karyawan tidak mampu menghadapi tekanan dari pekerjaan maka hal tersebut akan membuat karyawan mengalami stres. 

Penyebab stres kerja yang dialami pegawai adalah beban pekerjaan yang berlebihan sehingga dampak dari stres kerja tersebut adalah banyak pekerjaan yang tidak dapat diselesaikannya dengan tepat waktu, dalam hubungannya dengan rekan kerja juga mengalami gangguan seperti subjek tidak ingin diajak bicara, marah, tegang dan sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaannya. 

Ciri ciri STRES di tempat kerja, meliputi:

1. Kepuasan kerja rendah

2. Kinerja yang menurun

3. Semangat dan energi menjadi hilang

4. Komunikasi tidak lancar

5. Pengambilan keputusan jelek

6. Kreatifitas dan inovasi kurang

7. Bergulat pada tugas-tugas yang tidak produktif.

Dari dampak stres ini akan berakibat pada gangguan kesehatan sehingga berakibat terhadap kehadiran pegawai yang pada akhirnya  menurunkan  disiplin kerja.....karena merasa bukan siapa siapa. (ddy)

 

 

 


 
Pengembangan SDM